Efek Kemasan Pada Penjualan Produk

Efek Kemasan Pada Penjualan Produk



Dalam menjual suatu produk, ada beberapa factor yang mempengaruhi tingkat penjualan produk tersebut. salah satunya yaitu kemasannya. Kemasan seringkali menjadi perhatian para konsumen. Kemasan yang menarik akan berpengruh terhadap penjualan. Hal ini dikarenakan para pembeli pada awalnya pasti akan melihat kemasannya. Jjika terkesan menarik  meskipun produk tersebut belum terkenal di masyarakat, pastinya akan tetap menarik pandangan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dari zaman ke zaman kemasan kemasan selalu bermetamorfosis menjadi lebih baik. Kemasan saat ini telah banyak melakukan inovasi dan dibuat dengan tekhnologi yang canggih. Hal ini dilakukan karna saat ini persaingan di bisnis packaging sangatlah pesat. Sehingga para produsen berlomba-lomba untuk berinovasi dalam menciptakan emasan demi menarik konsumennya.
Design pada kemasan mampu menjadikan nilai tambah bagi produk sehingga mampu mempengaruhi emosional para pembeli yang sanggat ampuh. Jadi tim design perusahaan lah yang berperan penting untuk mendesign kemasan semenarik mungkin dan seunik mungkin untuk produknya. Unsur-unsur yang harus diperhatikn dalam membuat kemasan yaitu dari segi warna, keunikan pola, dan sesuai dengan produk agar dapat meningkatkan penjualan produk.
Untuk lebih memahami efek kemasan pada penjualan kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang fungsi dari kemasan itu sendiri. Fungsi kemasan antara lain yaitu:
1. Sebagai Tempat Produk
Dalam menentukan besar-kecil kemasan, tentu kita harus mengukurnya dari berat serta jenis produk yang akan dikemas, itu adalah hal yang paling utama atau mendasar. Kita harus melihat dengan jeli kemasan yang akan kita ciptakan untuk suatu produk, agar kemasan tersebut berfungsi dengan maksimal. Perhatikan juga bahwa kemasan tersebut akan mudah dalam pendistribusiannya dan mampu melindungi produk yang dikemasnya.

2. Sebagai Identifikasi
Kita perlu mengenal produk yang kita jual. Seperti yang kita ketahui, tentu banyak produk lain yang sejenis dengan produk yang kita jual. Nah disinilah fungsi kemasan untuk membedakan produk kita dengan produk yang lainnya. Sehingga produk anda mempunyai ciri khas sebagai tanda pengenal bagi para konsumen.

3. Sebagai Alat Komunikasi
Meskipun kemasan bersifat secara tidak langsung, namun kemasan juga dapat dijadikan alat komunikasi anda dengan para konsumen. Di kemasan tentu akan menunjukan merk, gambar, maupun pesan yang akan membuat konsumen penasaran dan akan mencari tahu, petunjuk penyajian/penggunaan, kompsisi produk, serta keterangan – keterangan yang lainnya yang berupa informasi dari anda untuk para konsumen.

4. Memudahkan Pengguna
Memudahkan pengguna atau para konsumen yang membelli produk anda. kemudahan disini ialah kemudahan saat membawa, saat menyimpan, saat membuka dan mengeluarkan isi produk yang ada didalamnya.
5. Mempromosikan Produk
Kemasan haruslah menarik, aman serta memudahkan para konsumen dalam menggunakannya, serta menambah nilai jual pruduk yang dikemas. Buatlah kemasan semenarik mungkin agar mampu menarik para konsumen. Karena pada contohnya saja saat kita di pasar swalayan, pastinya produk akan dijejerkan  sesuuai dengan jenisnya, disitullah fungsi kemasan akan menjadi alat promosi bagi produk kita.

Setelah kita tau tentang fungsi dari kemasan, kini saatnya kita meningkatkan kualitas kemasan kita sehingga dapat memikat hati para konsumen.
Berikut beberapa tips agar dapat meningkatkan kemasan kita :
1. Judul / Nama Produk
Tentunya judul / nama produk harus disesuaikan dengan produk yang kita jual. Judul / Nama haruslah Unik, Tidak Panjang, Mudah diingat dan sesuai dengan produk kita.

2. Informasi
Berikanlah informasi yang relevan pada kemasan sehingga mampu menambah kepercayaan konsumen. Cantumkanlah Bahan-Bahan yang terkandung dalam produk, nilai gizi (apabila produk berupa makanan), informasi yang bersifat penting dan tambahkan juga informasi-informasi yang dapat menarik konsumen saat membacanya, sehingga langsung membei produk anda.

3. Warna Yang Konsisten
Warna pada kemasan merupakan cerminan dari produk yang kita jual. Meskipun warna tidak harus sesuai dengan produk aslinya. Yang pasti pilihlah warna yang mampu memikat hati para konsumen, gunakanlah warna-warna cerah untuk memperoleh tampilan yang lebih terang dan bagus bagi kemasan anda, seperti contohnya kkemasan pada mie instan INDOMIE.

4. Identifikasi Merk
Buatlah kemasan yang mudah diingat oleh para konsuman. Simpel, Sederhana namun dapat memikat para konsumen saat pertama kali meliahat kemasan tersebut.

5. Kejelasan
Faktor yang paling penting dalam membuat kemasan adalah kejelasan. Janganlah membuat para konsumen bingung dengan kemasan, karena itu akan mengurangi rasa kepercayaan dari mereka sehingga penjualan produk tidak akan bagus.

Setelah kita membaca informasi diatas tentu sekarang kita jadi paham bahwa design kemasan sangatlah berpengaruh untuk menarik para konsumen untuk memilih produk kita. 
Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan solusi yang tepat dalam memilih kemasan yang tepat untuk produk kita.


Kunjungi Web Toko Kami www.AnekaKemasan.com. Untuk Pemesanan dan Informasi Produk:

Telepon/SMS : 081281645069 (Simpati)
WA : 081281640569
BBM : D15A46CC
anekakemasan2@gmail.com
(Senin – Jum'at  09.00 – 17.00 WIB)
(Senin – Sabtu  09.00 – 14.00 WIB)
Atau melalui Facebook Page kami : Aneka Kemasan Makanan


5 24

No comments:

Post a Comment

JASA PENGIRIMAN
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright © 2015. Blog Aneka Kemasan Makanan Allright reserved. | Kemasan Makanan | Kemasan Produk | Kemasan Plastik