CARA MEMILIH BOTOL PENYIMPAN ASI

CARA MEMILIH BOTOL PENYIMPAN ASI



Wadah penyimpanan ASI juga merupakan salah satu pendukung keberhasilan ASI. Penting bagi anda para ibu-ibu hamil untuk mengetahui tentang hal ini. Pada saat ini bukanlah hal yang sulit untuk mencari tahu tentang sesuatu, dizaman teknologi seperti saat ini kita hanya perlu browsing dengan mengetik kata kunci di google. Contoh seperti kata kunci “BOTOL ASIP” maka akan banyak artikel yang bermunculan degan sekali klik enter saja. Dengan Artikel ini saya ingin memberi tahu beberapa macan jenis botol ASIP, diantaranya yaitu:
1. BOTOL WIDENECK
Botol yang bentuknya seperti botol selai dengan tutup ulir plastik. Kapasitasnya 250ml. biasa juga digunakan untuk stok kaldu dan makanan pendamping.

2. BOTOL LUBBY
Botol yg bentuknya juga sama seperti botol selai namun yang ini mulut botolnya lebar. Kapasitasnya 130ml. tutupnya berbahan metal tetapi tidak mudah berkarat jika cara pembersihannya benar.

3. BOTOL VIAL
Botol yang dikenal juga dengan sebutan botol tutup karet ini memiliki kapasitas 100ml. botol jenis ini banyak beredar tetapi statusnya rekondisi. Botol ini banyak digunakan untuk wadah botol vitamin. Jadi bila kita ingin membeli botol vial ini pastikan kembali apakah botol ini baru atau rekondisi. Umumnya botol yang sudah direkondisi terdapat bekas suntikan. Botol Vial yang asli (Baru) masih memiliki lapisan lilin dibagian dalam botolnya, yang membuat tampilan menjadi buram. Namun setelah dicuci maka akan menjadi bening.

4. BOTOL BABY PAX / BOTOL RBS :
Botol ini bisa digunakan langsung dengan pompa ASI. HArganya bisa dibialng cukup Mahal. Tetapi jenis botol inilah yang paling praktis dan higenis.

5. BOTOL REKONDISI ex-UC1000
Botol bekas ini dilengkapi dengan dua jenis tutup yaitu tutup ulir dan tutup pop-up berbahan plastik. Memiliki kapasitas 150 cukup untuk bayi sekali minum. Memiliki kaca yang tebal. Tidak mudah pecah jika terjatuh.

Botol kaca ASIP lebih baik dari pada botol plastik, berikut alasannya:
- Botol Jenis kaca lebih mudah disterilkan padi pada botol plastic yang mungkin akan berubah bentuk karena rebusan air mendidih. Botol kaca dapat dengan mudah dicuci, disterilisasi, dihangatkan maupun dimasukan ke dalam freezer.
- Botol kaca dapat digunakan berulang kali, bisa lebih menghemat karna tidak harus membeli terus menerus.
- Lemak ASI tidak menemppel pada botol kaca, jadi mudah untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun dan air.
- Botol kaca tidak mudah tergores maupun berubah warna.
Kelemahan botol plastik untuk ASIP:
- Harga botol plastic BPA-free jauh lebih mahal disbanding dengan botol kaca.
- Botol plastik tidak dapat direbus dalam air panas, sedangkan cara mensterilkan botol yangbaik adalah dengan merebusnya dalam air mendidih.
- Botol ini akan berubah warna menjadi kekuningan bila digunakan terus menerus.
- Lemak ASI menempel pada botol plastik sehingga sangat sulit untuk membersihkannya. Sedangkan lemak ASI yang menempel pada botol akan menjadi sarang bakteri/kuman yang dapat merusak kualitas ASIP dan penyebab penyakit pada baik.
Jadi anda sudah bisa memilih bukan, wadah yang tepat untuk tempat ASI anda? Setelah anda mengetahui botol yang cocok untuk wadah ASI anda. saya akan memberikan Tips perawatan dan Penyimpanan botol kaca ASIP Kepada anda. 
Hal pertama yang harus anda lakukan saat setelah pertama kali membeli botol kaca ASI :
o Cuci bersih botol dengan sabun pencuci botol bayi, bilas bersih jangan tersisa wangi atau busanya. Sabun pencuci botol bayi biasanya sudah food grade, namun lebih aman lagi kalau dibilas sampai tidak ada wanginya.
o Masukkan botol dalam panci berisi air sampai tenggelam. Rebus sampai mendidih. Ini adalah cara tradisional untuk mensterilkan botol.
o Kemudian biarkan botol dalam panci sampai air dingin lagi. Ada yang bilang, dengan begitu botol menjadi lebih kuat dan awet. Namun cara ini hanya untuk saat pertama kali saja. Selanjutnya cukup dicuci-steril biasa.
o Bisa juga menggunakan alat sterilisasi botol bayi, karena botol kaca cukup aman meski dipanaskan dengan suhu tinggi.
Mengeringkan dan menyimpan botol kaca ASIP:
o Setelah disterilkan, tiriskan segera ketika botol dalam keadaan panas. Uap panas botol akan mengeringkan air yang menempel di kaca.
o Biarkan sejenak hingga panasnya hilang lalu keringkan sisa air dengan lap handuk bersih (bukan tisu).
o Hindari mengelap botol dengan tisu, karena serpihan tisu bisa saja tertinggal menempel dalam botol dan tercampur dengan ASIP.
o Setelah benar-benar kering, tutup rapat botol dengan tutupnya, simpan di tempat kering yang tertutup dan bersih (saya menyimpannya di lemari rak piring yang full kaca). Dengan begitu, botol siap pakai ketika diperlukan tanpa harus disterilkan ulang.
Demikian sedikit ulasan dari saya mengenai pemilihan dan perawatan botol kaca penyimpan ASIP. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca dalam memilih botol kaca penyimpan ASIP.



Kunjungi Web Toko Kami www.AnekaKemasan.com. Untuk Pemesanan dan Informasi Produk:
Telepon/SMS : 081281645069 (Simpati)
WA : 081281640569
BBM : D15A46CC
anekakemasan2@gmail.com
(Senin – Jum'at  09.00 – 17.00 WIB)
(Senin – Sabtu  09.00 – 14.00 WIB)
Atau melalui Facebook Page kami : Aneka Kemasan Makanan


5 24

No comments:

Post a Comment

JASA PENGIRIMAN
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright © 2015. Blog Aneka Kemasan Makanan Allright reserved. | Kemasan Makanan | Kemasan Produk | Kemasan Plastik