Bahayanya plastic daur ulang untuk kemasan

Bahayanya plastic daur ulang untuk kemasan

Banyaknya jenis plastic yang digunakan untuk kemasan karena praktis dan harganya yang murah. Saat ini masih sering kita jumpai plastic berwarna untuk mengemas makanan. Padahal itu sangatlah tidak di anjurkan, apalagi plastic yang berwarna hitam. Plastic itu sangatlah berbahaya jika digunakan untuk mengemas maknan. Karena plastic ini merupakan hasil dari daur ulang, Karena merupakan produk daur ulang, riwayat penggunaan sebelumnya yang dapat berupa apa saja, termasuk sebagai bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan/manusia maupun limbah logam berat. Penambahan bahan lain seperti pewarna menambahkan resiko berbahaya penggunaan kantong kresek yang juga memiliki bahaya mengandung bahan karsinogenik atau pemicu kanker yang terlepas jika dipanaskan. Plastik ini sring kita jumpai ketika watku idul adha, dimana para panitia membungkus daging yang akan diberikan dengan plastic hitam, sebaiknya jangan, gunakanlah plastic yang berwrna merah, putih, atau bening yang lebih aman. Plastic ini mengandung banyak zat-zat yang berbahaya untuk tubuh manusia. Biasa kita jumpai plastic ini untuk membungkus gorengan dipinggiir jalan. Padahal tekstur gorengan yang berminyak apalagi panas akan mengakibatkan penguapapan zat – zat berbahaya yang ada di dalam plastic, sehingga zat – zat berbahaya tersebut akan tercampur dengan gorengan yang kita makan. Memang tidak akan langsung berakibat fatal dalam waktu dekat, namun jika dilkukan terus menerus maka zat – zat berbahaya tersebut akan menumpuk didalam tubuh kita dan akan memicu penyakit yang sangat serius seperti kanker bahkan kematian.
Plastik hitam ini juga tidaklah ramah lingkungan. Plastic jenis ini sangat susah berbaur dengan tanah dan air, sehingga penguraiannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Plastic jenis ini sebaiknya hanya digunakan untuk bungkus kemasan mainan , pupuk, barang rumah tangga dan lain – lain selain produk makanan. Sebagian besar kita menganggap plastik untuk kemasan tidak ada bedanya satu dengan lainnya, padahal plastik dibuat sesuai penggunaan kemasan. Ada plastik yang dibuat khusus untuk produk tertentu dan tidak boleh digunakan untuk jenis produk lain. Misalnya saja botok plastik, dibuat oleh pabriknya dengan kode tertentu. Banyak dari kita terutama Industri kecil menggunakan plastik tidak pada tempatnya. Plastik kresek hitam yang sering digunakan sebagai pembungkus gorengan, gelas plastik yang dipakai untuk air mendidih, botol kemasan air mineral yang diterpa sinar matahari setiap hari, serta penggunaan plastik kiloan untuk membuat ketupat, merupakan contoh-contoh penggunaan kemasan plastik yang salah dan sangat berbahaya. Akibat dari penggunaan plastik yang tidak sesuai dengan fungsinya ini, dikhawatirkan akan terjadi perpindahan komponen kimia dari plastik ke dalam makanan. Beberapa kemasan plastik berasal dari material polyetilen polypropilen polyvinylchloridayang jika dibakar atau dipanaskan dapat menimbulkan dioksin, suatu zat yang sangat beracun dan merupakan penyebab kanker serta dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh seseorang.
Berdasarkan SK Kepala Badan POM tentang Bahan Kemasan Pangan No. HK.00.05.55..6497, plastik pembungkus bahan pangan dibedakan menjadi tujuh jenis dan penggunaannya harus disesuaikan dengan bahan pangan yang akan dikemas. Tujuh jenis plastik yang diizinkan sebagai kemasan bahan pangan yaitu polyethylene terephthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), polyvinyl chloride (PVC), low density polyethylene (LDPE), poli propilen, polistiren dan plastik lainnya.

Masih mau menggunakan plastic hitam untuk pembungkus makanan anda? memang harganya murah, tetapi apakah anda tidak mementingkan untuk kesehatan para konsumen anda. Padahal pengusaha yang baik adalah yang memikirkan segala aspek yang sangat kecil, dan menomor satukan kepuasan serta kepercayaan para customernya. Mulailah melakukan perubahan cara mengemas produk makanan anda dengan benar. Demi kesehatan para pembeli dagangan anda. carilah pembuat kemasan untuk produk anda yang menyediakan bahan – bahan yang memang diperuntukan untuk membuat kemasan makanan.

Anda membutuhkan kemasan plastic yang aman untuk produk makanan anda? Percayakanlah kepada Aneka Kemasan. Aneka kemasan adalah perusahaan yang bergerak di packaging makanan. Kami menerima untuk membuat kemasan sesuai custume dari anda untuk mempercantik kemasan produk anda.
Kami akan membantu menentukan dan membuatkan kemasan yang sesuai dengan produk anda. 
Kemasan.com. Untuk Pemesanan dan Informasi Produk:

Telepon/SMS : 081281645069 (Simpati)
WA : 081281640569
BBM : D15A46CC
anekakemasan2@gmail.com
(Senin – Jum'at  09.00 – 17.00 WIB)
(Senin – Sabtu  09.00 – 14.00 WIB)
Atau melalui Facebook Page kami : Aneka Kemasan Makanan


5 24

No comments:

Post a Comment

JASA PENGIRIMAN
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright © 2015. Blog Aneka Kemasan Makanan Allright reserved. | Kemasan Makanan | Kemasan Produk | Kemasan Plastik