AMANKAH BOTOL AIR MINERAL DIGUNAKAN KEMBALI?

AMANKAH BOTOL AIR MINERAL DIGUNAKAN KEMBALI?



Saya sering melihat botol kemasan air mineral digunakan lagi oleh kebanyakan orang untuk tempat air minum kembali, bahkan sekarang juga sering saya lihat untuk tempat jamu di tukang jamu keliling.kadangkala jika terlihat jamu tersebut hamper habis, ada kerak putih kekuningan yang menempel di botol plastic tersebut. Dahulu tukang jamu biasanya menggunakan botol kaca, namun karena berat saat dipikul hal itulah yang menyebabkan para pengguna jamu gendong beralih menggunakan botol plastic bekas air mineral. Saya memang suka meminum jamu, tapi setelah saya melihat tempat mengemasnya, selera saya pun hilang untuk meminumnya. Berbagai petanyaan pun muncul didalam benak saya. Saya bertanya-tanya apakah aman jika hal itu dgunakan? Apakah tidak berbahaya bila botol bekas ini digunakan berkali-kali. Akhirnya sayapun mulai mencari tahu tentang hal tersebut. Dan dengan tulisan ini saya juga ingin berbagi dengan para pembaca mengenai jawaban yang saya cari.
Untuk wadah makanan dan minuman sebaiknya kita lebih hati-hati dan memperhatikan apakah kemasan tersebut memenuhi standar mutu dan keamanan pangan dari lembaga yang berwenang. Kode dan symbol yang tertera di kemasan plastik tersebut haruslah kita perhatikan. Karena semua itu memiliki arti masing-masing. Kode-kode symbol tersebut antara lain:
- HDPE (PET)
Bahan plastiknya adalah PET. Plastik ini biasanya transparan dan tembus pandang serta cukup ringan untuk dibawa. Botol ini sebaiknya hanya digunakan sekali saja. Karena bila sering digunakan , apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengelurkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

- Polyvinyl Chloride (PVC)
Banyak digunakan untuk mengemas menteg, margarine, dan minyak goring karena tahan akan minyak yang memiliki permeabilitas yang rendah terhadap air dan gas. PVC juga digunakan untuk mengemas perangkat keras (hardware), kosmetik, dan obat – obatan. Sifat dari pvc sendiri yaitu tembus pandang meski ada juga yang permukaan keruh, tidak mudah sobek dan memiliki kekuatan Tarik yang tinggi. Tetapi sebaiknya kemasan ini jangan digunakan untuk makanan yang langsung siap santap apalagi yang berminyak dan panas.

- Low Density Polyethylene (LDPE)
dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. Barang-barang yang dibuat dengan bahan dasar plastic ini dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Plastik ini  bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.



- Poli Propilen (PP)
Polipropilen memiliki sifat yang mirip dengan polietilen, hanya saja lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhada lemak.stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilat. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastic terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

- Polistiren (PS)
Banyak digunakan untuk mengemas buah – buahan dan sayur – sayuran karena memiliki permiabilitas yang tinggi terhadap air dan gas. Jangan gunakan kemasan berbahan dasar PS untuk mengemasan makanan langsung santap, dan bersuhu tinggi.

- OTHER
Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 jenis, yaitu SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate) dan Nylon.
Biasanya digunakan untuk mmembuat tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.

Dari penjelasan diatas bisa saya Tarik kesimpulan bahwa botol bekas air mineral masih bisa jika mau dipakai berulang, namun harus memperhatikan jangka waktu penyimpanan dan suhu cairan yang mau dimasukkan mengingat senyawa-senyawa kimia memang bisa berpindah dari botol ke cairan. Dan perlakuan sanitasi/kebersihan yang memadai terhadap botol tersebut perlu juga diperhatikan, sehingga tidak terdapat kuman-kuman patogen terdapat dalam botol. Namun sangat lebih baik jika kita berhati-hati dengan menyiapkan botol yang memang khusus untuk air minum, dan tidak memakai botol bekas tersebut. Kembali ke awal tulisan ini, konsumen tidak tahu jamu tersebut dimasukkan dalam keadaan panas atau tidak, sebaiknya kalau saya pribadi akan menghindari hal-hal yang tidak pasti. Bukankah mencegah hal-hal buruk lebih baik daripada menanggung resiko yang tidak aman?
Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan bisa pula menjawab keraguan para pembaca seperti keraguan saya waktu itu. Jadilah orang yang cermat dan pintar demi kesehatan anda dan orang-orang terdekat yang anda sayangi.


Kunjungi Web Toko Kami www.AnekaKemasan.com. Untuk Pemesanan dan Informasi Produk:

Telepon/SMS : 081281645069 (Simpati)
WA : 081281640569
BBM : D15A46CC
anekakemasan2@gmail.com
(Senin – Jum'at  09.00 – 17.00 WIB)
(Senin – Sabtu  09.00 – 14.00 WIB)
Atau melalui Facebook Page kami : Aneka Kemasan Makanan


5 24

No comments:

Post a Comment

JASA PENGIRIMAN
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright © 2015. Blog Aneka Kemasan Makanan Allright reserved. | Kemasan Makanan | Kemasan Produk | Kemasan Plastik